Connect with us

Tutorial Terbaru Membuat Web Server WordPress Localhost Portable

Technology

Tutorial Terbaru Membuat Web Server WordPress Localhost Portable

Membuat Web Server WordPress Localhost Portable – Berikut cara membuat web server wordpress localhost portable dengan Uniform Server.

Untuk tujuan tertentu misalkan untuk mendesain suatu template wordpress, anda akan memerlukan suatu web server. Karena wordpress merupakan CMS yang dibangun memakai bahasa pemrograman PHP serta database MySql, semoga wordpress mampu berjalan anda mesti mempunyai suatu web server. Untuk membangan web server sesungguhnya yang mampu di akses oleh siapa saja akan diperlukan ongkos yang cukup besar, namun bila maksudnya cuma untuk merancang template, memakai localhost pun sudah cukup. Dinamakan localhost mempunyai arti server tersebut berlangsung di komputer local (yang kita gunakan) dan cuma bisa di susukan oleh komputer local juga (komputer itu sendiri).

Banyak software yang mampu digunakan untuk membuat web server localhost. Yang paling terkenal yakni memakai XAMPP. Akan tetapi di XAMPP ada sedikit kekurangan dengan apa yang saya butuhkan. Karena saya pribadi sering melakukan rancangan itu berpindah-pindah komputer, maka saya memerlukan software yang bersifat portable (tidak butuhinstal tinggal pakai). Karena alasan inilah XAMPP tidak saya gunakan. Karena XAMPP mesti di instal di drive C pada komputer yang kita gunakan.

Sebagai penggantinya saya menggunakan Uniform Server di mana seluruh softwarenya bersifat portable. Softwarenya tidak butuhdi instal. Tinggal di ekstrak, letakkan pada flashdrive kemudian lakukan.

Berikut tindakan untuk menerima suatu web server localhost lengkap dengan wodpress yang siap digunakan.

1. Download Uniform Server Versi Coral

Silakan datangi http://www.uniformserver.com/ untuk pribadi downloadnya. Silakan pilih “Uniform Server” tanpa aksesori apa pun. Jangan menentukan “Uniform Server Zero”. Sebagai contoh dikala postingin ini dibuat, saya menentukan “8.9.2-Coral” model modern. Lalu pilih Coral_8_9_2.exe maka file akan otomatis terdownload.

2. Ekstrak file Coral_8_9_2.exe

Setelah terdownload silakan klik 2x file tersebut. Lalu tentukan folder tujuan ekstrak, kemudian klik “Exstract” Setelah selesai akan didapatkan folder “Uniserver” Folder uniserver ini silakan letakkan dimana saja terserah anda, bahkan bisa di taruh di flashdrive sehingga gampang dibawa kemana-nama serta dilakukan di komputer dimana saja.

3. Download file wordpress

Sebelum mengkonfigurasi web server download apalagi dahulu file wordpress di http://www.wordpress.org/ Saat artikel ini dibentuk, model terbaru yakni 4.8 Setelah terdownload silakan ekstrak file wordpress dan letakkan di folder “www” pada folder Uniserver.

4. Konfigurasi web server localhost

Buka folder “Uniserver”. Jalankan file Start_as_program.exe Setelah acara berjalan, silakan laksanakan service aphace dan mysqlnya dengan cara klik start aphace dan start mysql sampai indikator merah muda berganti hijau. Atau bisa dengan klik start both secara otomatis keduanya akan berjalan. Setelah keduanya berjalan yang mesti anda kerjakan yakni membuat database gres beserta user dan pasword susukan untuk wordpress pada mysql. Caranya silakan klik phpMyAdmin. Sehingga cendela pengelolaan database akan kluar pada browser.  Pada laman PhpMyAdmin klik pada Databases. Pada kolom create database silakan masukkan nama database yang di harapkan. Sebagai contoh saya bikin namanya “wordpress” kemudian klik create. Setelah sukses silakan pindah ke tab useres. Klik add user. Pada kolom User name silakan masukkan nama yang di kehendaki. Sebagai teladan saya gunakan “admin”. Kolom host silakan masukkan “localhost”. Kolom pasword silakan masukkan pasword yang di kehendaki. Sebagai pola saya gunakan “admin” sama dengan usernya. Ulangi pada kolom re-type. Pada Global privileges pilih Check All. Terakhir klik “GO” pada pojok kanan bawah.

5. Konfigurasi wp-config.php

Kembali ke folder Uniserver kemudian folder www kemudian folder wordpress, cari file dengan nama wp-config-sample.php Silakan rename file tersebut ke wp-config.php atau hilangkan kata samplenya. Kemudian buka file tersebut memakai notepad.  Cari bagian “define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);” edit menjadi “define(‘DB_NAME’, ‘wordpress’);” kemudian “define(‘DB_USER’, ‘username_here’);” edit menjadi “define(‘DB_USER’, ‘admin’);” serta “define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);” edit menjadi “define(‘DB_PASSWORD’, ‘admin’);”. Cukup, lainnya tidak butuhdirubah.

6. Instalasi WordPress

Jika smua sudah silakan masuk ke browser. Akses http://localhost/wordpress secara otomatis akan masuk laman instalasi. Ikuti aba-aba yang ada mulai dari pilih bahasa, judul situs, isi user dan pasword login, serta email, terakhir klik instal.

Done! Seharusnya anda sekarang sudah mempunyai situs wordpress pada server localhost dan sudah siap dipakai untuk apa saja termasuk tes template hasil rancangan anda sendiri.

Semua hasil kerja tergolong mungkin desain tema yang sudah anda buat dan berjalan dengan baik di localhost biasanya juga akan berjalan baik bila di onlinekan. Kenapa mesti di onlinekan? Ya buat apa kita harus membuat suatu karya dengan wordpress localhost jika cuma bisa kita nikmati sendiri. Sebuah karya akan sungguh berguna dan kita akan merasa puas jikalau bisa dinikmati oleh siapa saja. Untuk itu kita memerlukan mesin wordpress online yang mampu di kanal oleh semua orang di seluruh dunia.

WordPress localhost merupakan jenis wordpress self hosting. WordPress self hosting ketika ingin di terusan secara online memerlukan suatu wadah yang dinamakan hosting. Hosting merupakan komputer server yang selalu terhubung dengan internet. Daripada kita harus menyediakan suatu komputer server yang membutuhkan ongkos yang sangat tinggi, akan lebih ekonomis dengan cukup menyewa hosting sesuai keperluan pada pemasokweb hosting. Dari sekian banyak web hosting di Indonesia, saya sarankan gunakan Web Hosting Hostinger Indonesia. Selain harganya yang irit, kualitasnya sudah tidak perlu disangsikan lagi. Kualitas Premium.

Setelah memutuskan web hosting, selanjutnya yakni Bagaimana cara menginstal wordpress online di web hosting. Jika bimbingan di atas yaitu cara menginstal wordpress localhost, berikut yakni cara menginstal wordpress online di Web Hosting Hostinger Indonesia. Silakan baca bimbingan Cara Instal WordPress Online di Hostinger.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Technology

To Top